Laman

Kamis, 15 Februari 2018

Wahana Permainan Anak di Taman Bermadah

Arena Bermain
di Taman Bermadah
 Anak-anak di Tarempa patut bersuka cita, dengan adanya arena bermain di Taman Bermadah, yang berlokasi di Halaman Utama Kantor Bupati Kepulauan Anambas. Hal yang selama ini jarang didapatkan anak-anak disini kecuali pada saat mereka sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini ataupun Taman Kanak-kanak.
Dulu permainan yang ada hanyalah semacam kereta keliling, yang dibuka setiap sore hari didepan Hotel Tarempak Beach, itupun para orang tua mesti merogoh kocek sebesar sepuluh ribu rupiah untuk satu putaran. Tentu saja satu putaran tidak cukup buat sekali bermain, tak heran jika ada saja alasan yang digunakan ayah bunda mereka untuk tidak berlama lama disana, buat membujuk anaknya pulang setelah selesai bermain.

Wahana permainan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mengingat Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yang telah  dicanangkan menjadi kabupaten layak anak. Pemberian kabupaten layak anak ke kabupaten Anambas ini bertujuan untuk menekan meningkatnya kasus kekerasan terhadap anak di Provinsi Kepri Khususnya Anambas. Kabupaten Kepulauan Anambas dipilih menjadi salah satu kandidat dikarenakan pada tahun 2017 Anambas memiliki angka yang cukup tinggi terhadap kasus kekerasan terhadap anak.


Taman bermadah merupakan tempat yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk masyarakat di Tarempa. Awalnya setiap sore Taman bermadah ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas internet gratis, biasanya mulai dari jam 4 sore sampai dengan jam 10 malam. Kini tidak hanya pelajar ataupun masyarakat umum, anak-anak pun berlomba-lomba mengunjungi Taman bermadah untuk menikmati aneka ragam permainan yang ada.
Berbagai permainan tersebut antara lain ayunan, jungkat-jungkit, seluncuran, kuda-kudaan plastik, dan beberapa jenis mainan lainnya. Jika masyarakat umum bersabar menunggu pukul 16.00 wib untuk berwifi ria, tidak demikian halny dengan anak-anak, kadang ada saja beberapa anak sejak pukul 14.00 sudah bermain di Taman bermadah.
Sesekali tampak Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris juga menyempatkan diri untuk melihat aktivitas anak-anak. Beliau tampak cukup puas dan  merasa senang melihat kegembiraan serta tawa riang mereka. Terbersit harapan agar masyarakat dapat menggunakan dan menjaga fasilitas dengan sebaik baiknya, menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya dan bagi orang tua agar mendampingi anak anaknya ketika bermain untuk mencegah terjadinya hal-hal yg tidak diinginkan.
Buat masyarakat di Tarempa, mari kita jaga Taman bermadah kita....

1 komentar:

  1. Jauh ya mbk dari batam, saya ga bisa ngajak anak2 main ke sana,hiks

    BalasHapus